Senin, 21 Januari 2013

MANFAAT DAUN SINGKONG


Daun Singkong

Daun singkong adalah jenis sayuran yang banyak diminati. Manfaat daun singkong ternyata cukup besar bagi kesehatan tubuh. Daun singkong juga relatif murah dan mudah untuk ditemui. Biasanya para ibu dirumah mengolahnya menjadi sayuran berkuah, urapan, dan tumis. Daun singkong juga bisa dijumpai diresto khas Padang. Selain bisa dibuat dengan berbagai olahan, daun ini memiliki rasa yang enak. Perlu diketahui juga daun singkong memiliki sejumlah manfaat dan nilai gizi yang penting untuk tubuh.


Kandungan Zat Penting Pada Daun Singkong

Selain rasanya yang enak, ternyata dibalik manfaat daun singkong, ada kandungan zat yang sangat penting apabila dikonsumsi. Daun singkong mengandung mineral, vitamin, asam amino essensial, dan protein yang sangat baik untuk tubuh. Diketahui juga protein nabati yang terkandung didalam daun singkong berfungsi sebagai unsur yang membangun sel-sel tubuh dan merupakan sistem komponen pembentuk enzim. Selain itu, kandungan asam amino yang ada pada hijau daun berfungsi sebagai pengubah karbohidrat menjadi energi. Asam amino pada daun singkong juga berguna untuk pemulihan luka pada kulit, mengganti sel-sel yang rusak, kesehatan tulang, membantu daya ingat kita dengan baik, serta membantu sistem metabolisme dalam tubuh. Adapun untuk klorofil pada daun berfungsi sebagai zat antioksidan dan antikanker.

Pemanfaatan Daun Singkong
Selain dijadikan sebagai penganan sehat, daun singkong juga bermanfaat sebagai obat herbal yang dapat langsung diminum airnya. Caranya sangat mudah, cukup merebus daun dengan satu hingga dua gelas air putih dan bisa dicampur dengan jahe atau air kapur sirih. Air sisa rebusan pun diminum dan memiliki manfaat yang sangat luar biasa pada tubuh. Itulah manfaat daun singkong yang bisa kita dapatkan dengan mudah
Daun singkong yang dikonsumsi secara rutin juga dapat mencegah aterosklerosis – penimbunan lemak di dinding pembuluh darah yang bisa berdampak padsa serangan jantung. Klorofil dalam daun singkong juga memiliki daya antioksidan dan antikanker. Yang tak kalah penting, kandungan serat pada daun singkong cukup tinggi sehingga dapat membantu melancarkan buang air besar.

- Obat diare Daun singkong juga dapat dimanfaatkan sebagai obat diare. Caranya dengan siapkan beberapa daun singkong dan rebuslah dalam air sekitar 900cc. Dan tunggulah sampai air tersebut berkurang hingga setengah/ tinggal 450cc. Setelah itu, saringlah rebusan tadi dan kemudian minumlah 2 kali sehari.

- Obat rematik Pada pemakaian luar : sebanyak lima lembar daun singkong, 15 gram jahe merah, dan kapur sirih secukupnya, dihaluskan dan ditambahkan air secukupnya. Setelah diaduk, ramuan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit. Pada pemakaian dalam : 100 gram batang singkong, satu batang sereh, dan 15 gram jahe direbus dengan 1.000 cc air hingga tersisa 400 cc. Lalu, disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari
Sumber: berbagai Sumber


1 komentar:

  1. ASSALAMU ALAIKUM WR-WB KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH ATAS BANTUAN AKI,RUSLAN KARNA NOMOR GHOIB/RITUAL JITU YANG AKI,BERIKAN 4D (8301) BENAR BENAR TEMBUS 100% DAN SAYA MEMENANGKAN 380 JUTA ALHAMDULILLAH, SAYA BISA MEMBELI RUMAH DAN MOBIL WALAUPUN SAYA CUMA PNS GOLONGAN 1B.INI ADALAH KISAH NYATA DARI SAYA.JIKA ANDA PENUH KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN SILAHKAN ANDA HUBUNGI LANGSUNG AKI, RUSLAN SALEH KARENA APAPUN KEADAAN ANDA JANGAN PERNAH BERPUTUS ASAH KALAU SUDAH WAKTUNYA TUHAN PASTI KASIH JALAN.

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D 3D 4D DI JAMIN 100% JEBOL ATAU PUNYA MUSTIKA GHAIB INGIN DIPAKAI MENARIK UANG BILAH BERMINAT HUB KI RUSLAN SALEH DI NMR (_+_6_2_8_1_2_4_3_4_7_7_4_5_5_) ATAU KUNJUNGI WEPSITE (KLIK)www.penarikan-uang-ghaib.webs.com SAYA SUDAH BUKTIKAN 3X THNKS ROOMX SOBAT
    ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★
    ╔══╗═════╔╗═════
    ╚╗╔╬═╦═╦═╣╠╦╦╦╦╗
    ═║║║╩╣║║╬║═╣║║║║
    ═╚╝╚═╩╩╬╗╠╩╬╗╠═╝
    ═══════╚═╝═╚═╝══
    ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★ ★

    BalasHapus

Ping Blog